Beragama Dan kebaikan


Mengutip sebuah pernyataan dari seorang kompasiana “Agama tidak ada hubungannya dengan kebaikan. Karena setiap manusia diberikan kemampuan yang sama untuk berbuat kebaikan” sedikit menggelitik nalar saya. Sebagai seorang yang beragama Islam saya coba melihat dari perspektif saya sebagai seorang muslim yang berlumur dosa ini.

 Hakekatnya setiap manusia diberi modal yang sama untuk menjadi jahat atau baik. Dan juga diberi kesempatan untuk memilih jalan yang “gelap” atau jalan yang “terang”,Karena jauh di dalam diri seorang manusia sudah ditanamkan nilai-nilai kebaikan. Tapi, disamping itu manusia juga di takdirkan memiliki nafsu yang kemudian memicu kita untuk melakukan hal-hal buruk yang terkadang malah dengan alasan demi “kebaikan”.
Agama (Islam) kemudian menjadikan setiap perbuatan baik manusia menjadi amal sholeh yang bernilai pahala. Bayangkan seorang menusia berbuat baik menjadi tidak bernilai ibadah karena tidak memenuhi kaidah-kaidah seorang hamba,betapa ruginya. Contoh: jika seorang pekerja bekerja penuh hingga berlumur peluh tapi ternyata dia lupa untuk mengisi absensi karyawan kira-kira apa yang terjadi? Atau seorang pelajar yang sudah penuh memgisi lembar jawaban ujian tapi ia lupa mencantumkan nama atau nomor ujian, bagaimana hasilnya?
 Agama (Islam) memjadikan manusia menjadi lebih manusia. Seperti bahan baku diolah menjadi bahan jadi yang siap dipergunakan. Atau Agama (Islam) justru menjadi pemantik munculnya kebaikan yang pun sudah ada dalam diri seseorang. Mengeluarkan bagian terbaik yang lama terendap dalam kalbu. Bukan tidak ada,kebaikan memang sudah “lengkap” ada di diri kita,hanya tinggal menunggu diangkat untuk melengkapi kemanusiaan kita.
 Maka,jangan biarkan kebaikan yang ada didalam diri kita terkubur tak termanfaatkan sepenuhnya. Munafik bila kita menganggap seseorang manusia bisa terus-menerus berbuat baik tapi kita juga terlalu naif bila menafikan kebaikan-kebaikan orang-orang yang kerap berbuat keburukan. Sebagai penutup saya ingin mengatakan “Beragama atau tidak,setiap orang bisa berbuat baik. Tapi dengan tuntunan agama (Islam),kebaikan seseorang akan jadi kemuliaan”

Tinggalkan komentar